Nama : Ayu
Rahayu
1. Definisi
organisasi perusahaan menurut Fremont
E. Kast dan James E.
Rosenzwing tahun 1974, adalah
Jawab :
Suatu subsistem dari lingkungan yang lebih luas,
terdiri dari orang-orang yang berorientasi pada tujuan, suatu subsistem
psikososial yaitu orang-orang yang terlibat dalam hubungan social.
2.
Kegiatan-kegiatan manajemen menurut Henry Fayol, adalah
Jawab :
Ø
Perencanaan (Planning).
Ø
Pengorganisasian (Organizing).
Ø
Memerintah (Commanding).
Ø
Kordinasi (Coordinating).
Ø
Pengawasn (Controlling).
3. Dalam konsep manajemen, persoalan terpenting dalam merealisasikan
tujuannya oleh seorang manajer atau pimpinan dan dapat dijadikan sebagai alat
manajemen, terletak pada
Jawab :
Pengambilan
Keputusan (Actuating).
4. Terdapat dua dimensi dasar di
dalam evolusi teori organisasi dan setiap dimensi mempunyai perspektif yang
saling bertentangan, dalam dimensi pertama, organisasi adalah
Jawab :
Dimensi
Pertama merefleksikan bahwa organisasi itu adalah Sistem. Sebelum tahun 1960an.
Teori Organisasi cenderung didominasi oleh perspektif system tertutup.
dipandang Organisasi-Organisasi pada dasarnya dipandang berdiri sendiri dan
tertutup dari lingkungannya. Kemudian pada tahun 1960 baru teori organisasi
menerima perspektif sistem terbuka. Analisis-analisis yang sebelumnya hanya
berfokus pada karakteristik Intern Organisasi sekarang telah berubah menjadi
pendekatan yang menekankan pentingnya organisasi memperhatikan peristiwa dan
proses yang terjadi dilingkungan ektern.
5. Proses pelaksanaan kerja atau operasional organisasi harus sesuai
dengan persyaratan mutlak yang diperlukan dalam proses manajemen, maka
persyaratan tata kerja yang tepat bertujuan
Jawab :
mencapai
tujuan tertentu serta dilaksanakan secara berurutan berjalan ke arah suatu
tujuan sesuai persyaratan tata kerja yang berlaku.
6. Berdasarkan pada aspek-aspek yang mempengaruhi organisasi dengan
melihat pada alat manajemen dalam mencapai tujuan, maka organisasi dapat
bersifat
Jawab :
Ø
Kekeluargaan, yaitu mempunyai nilai dasar keluarga
yang saling memberi dan menerima, saling menolong dan menjaga nama baik
sebagai satu keluarga besar.
Ø
Persahabatan, yaitu berusaha saling mengenal dan
bergaul dalam suasana persahabatan yang saling menguntungkan dan saling
mempercayai.
Ø
Nasional, yaitu setiap langkah dan orientasi program
atau kegiatannya senantiasa berpijak pada nilai dasar bangsa, menjaga persatuan
dan kesatuan serta berwawasan nusantara yang mencerminkan keberagaman sekaligus
persatuan bangsa Indonesia.
Ø
Internasional, yaitu setiap langkah dan gerak
organisasi ini memiliki visi jauh melewati batas teritorial negara dan aktif
mempromosikan tata-pergaulan internasional yang berbudaya dan beradab.
7. Di dalam melakukan perubahan atau penyesuaian organisasi harus
melihat pada factor-faktor yang umum dapat mempengaruhi, maka hal yang
terpenting dalam perubahan harus melihat pada
Jawab :
Ø
Implementasi inovasi structural.
Ø
Kebijakan / tujuan baru.
Ø
Area lebih luas.
Ø
Kelangsungan hidup organisasi
Perubahan
dapat didefinisikan sebagai respon, baik yang terencana maupun tidak terencana,
terhadap tekanan-tekanan yang terjadi dalam sebuah organisasi. Tekanan-tekanan
tersebut dapat berasal dari individu, kelompok, ataupun gabungan antara
keduanya, baik dari dalam maupun dari luar organisasi. Perubahan dapat
dilakukan melalui 2 hal, yaitu dalam hal hard skill atau soft skill. Perubahan
dalam hard skill dapat dilakukan dengan melakukan perubahan terkait dengan
penggunaan teknologi dalam sistem kerja, misalnya komputerisasi dalam sistem
informasi dan komunikasi. Sedangkan perubahan dalam soft skill lebih ditekankan
pada pengembangan sumber daya manusia secara kualitas, yaitu personal / kinerja
individu dalam suatu sistem kerja.
8. Dalam sifat dimanisnya organisasi, terdapat factor yang dapat
mempengaruhinya, yaitu
Jawab :
Faktor Intern (dalam)
1. Tujuan.
2. Manusia-manusia
3. Tata hubungan.
Faktor
Extern (luar)
A. Non
Fisik
Bersifat
konstitusional-politis.
Bersifat
sosial-politis.
Bersifat
sosial-ekonomi.
Bersifat
sosial-religius.
Bersifat
sosial-kultur.
Bersifat
teknik-teknologis.
B. Fisik
Letak
daerah.
Keadaan
alam (iklim dan cuaca).
9.
Talcott Parsons, tahun 1960, membedakan organisasi berdasarkan
kebutuhan social, yaitu
Jawab :
a.
Organisasi ekonomi (economic oagnization)
tujuannya mendapat keuntungan dari produksi atau
jasa yang dihasilkan, tanpa merupakan segi sosial. Contohnya pabrik tekstil
yang juga mengadakan poliklinik.
b.
Organisasi politik (political oganization)
Kegiatan dibidang pembagian kekuasaan, pengambilan
keputusan, pengaruh-mempengaruhi pemerintah. Contohnya partai politik.
c.
Organisasi pengabdian massa rakyat ( integartive
organization)
tujuannya mengadikan diri untuk kepentingan massa
rakyat. Contonya rumah sakit, yatim piatu, yayasan sosial.
d.
Organisasi pelestarian ( petter maintenance
organisation)
tujuan melestarikan dan memelihara kesenian,
pendidikan, kebudayaan dan lain-lain.
Berdasarkan jumlah puncak pimpinan
Dibedakan
kedalam bentuk sebagai berikut :
a.
Organisasi pimpinan puncak(single organization)
puncak
pimpinan satu orang : direktur, kepala kantor dan lain-lain.
b.
Organisasi pimpinan jamak ( plural executive
oragization) pucuk pimpinan terdiri atas beberapa orang : Direksi, yang terdiri
atas diektur utama, beserta direktur-direktur bidang khusus; prsedium dan
lain-lain.
Berdasarkan keterlibatan emosi (keterpaduan
emosi/pribadi).
Dibedakan kedalam :
a.
Organisasi primair ( primary oragization)
Keterpaduan
emosi dan pribadi lebih terasa : keluarga, organisasi profesi dan lai-lain
b.
Organisasi sekunder (secundary orgazation)
Lebih
banyak melibatkan akal, daripada keastaun emosi : organisasi formal :
perusahan, dinas-dinas penerintah.
Berdasarkan
nilai dan budaya atau lebih tepatnya berdasarkan tujuan Alferd Kuhn,
membedakannya kedalam :
a.
Organisasi kerja sama ( kooperative orgazation)
terutama
tujuan tergalangnya kerjasama/gotong royong para anggotanya : keluarga,
koperasi, orgasisasi sosial dan lain-lain.
b.
Organsisasi cari untung (profit organization)
terutama
tujuannya mencari laba : perusahan indusri perdagangan dan lain-lain.
c.
Organisasi pengapdian (service oragization)
Bertujuan
mengapdikan pada massa rakyat dan sesamanya. Contoh : organisasi agama, lembaga
bantuan hukum dan lain-lain.
d.
Organisasi penekan (pressure oragization)
tujuan
untuk menekan pihak lain agar berbuat sesuai dengan kemauannya. Contoh :
pressure group, serikat pekerja dan lain-lain.
10. Organisasi
memiliki daur hidup, berdasarkan Kim S. Cameron dan David A. Whetten, terdiri dari
tahap
Jawab :
·
Pancaran (Orientasi)
·
Bayi
·
Kanak-kanak
·
Remaja
·
Dewasa
·
Matang
·
Aristokrasi
·
Birokrasi Awal
0 komentar:
Posting Komentar