Peran E-commerce dalam Industri Kreatif
E-commerce adalah dimana dalam
satu website menyediakan atau dapat melakukan transaksi secara online atau juga
bisa merupakan suatu cara berbelanja atau berdagang secara online atau direct
selling yang memanfaatkan fasilitas Internet dimana terdapat website yang dapat
menyediakan layanan “get and deliver“. E-commerce akan merubah semua kegiatan
marketing dan juga sekaligus memangkas biaya-biaya operasional untuk kegiatan
trading (perdagangan).
Adapun pendapat mengenai
pengertian E-Commerce bahwa E-commerce mengacu pada internet untuk belanja
online dan jangkauan lebih sempit, dimana e-commerce adalah subperangkat dari
E-Bisnis. Cara pembayarannya: melalui transfer uang secara digital seperti
melalui account paypal atau kartu credit. Sedangkan, E-Bisnis mengacu pada
internet tapi jangkauan lebih luas. Area bisnisnya terjadi ketika perusahaan
atau individu berkomunikasi dengan klien atau nasabah melalui e-mail tapi
pemasaran atau penjualan dilakukan dengan internet dengan begitu dapat
memberikan keuntungan berupa keamanan, fleksibililtas, dan efisiensi. Cara
pembayarannya yaitu dengan melaui pembayaran digital secara E-Gold dan sudah di
akui di seluruh dunia dalam melakukan transaksi online.
Pada umumnya pengunjung Website dapat melihat barang atau produk yang dijual secara online (24 jam sehari) serta dapat melakukan correspondence dengan pihak penjual atau pemilik website yang dilakukan melalui email. Dalam prakteknya, berbelanja di web memerlukan koneksi ke internet dan browser yang mendukung transaksi elektronik yang aman, seperti Microsoft Internet Explorer dan Netscape Navigator. Microsoft dan Netscape, bekerja sama dengan perusahaan kartu kredit (Visa dan MasterCard), serta perusahaan-perusahaan internet security (seperti VeriSign), telah membuat standar enkripsi khusus yang membuat transaksi melalui web menjadi sangat aman. Bahkan, Visa dan MasterCard menyediakan jaminan keamanan 100% kepada pengguna credit cardnya yang menggunakan E-Commerce.
Adapun proses yang terdapat dalam E-Commerce adalah sebagai berikut :
1. Presentasi electronis (Pembuatan Website) untuk produk dan layanan.
2. Pemesanan secara langsung dan tersedianya tagihan.
3. Secar otomatis account pelanggan dapat secara aman (baik nomor rekening maupun nomor kartu kredit).
4. Pembayaran yang dilakukan secara langsung (online) dan penanganan transaksi.
1. Meningkatkan pendapatan dengan menggunakan online channel yang biayanya lebih murah.
2. Mengurangi biaya-biaya yang berhubungan dengan kertas, seperti biaya pos surat, pencetakan, report, dan sebagainya.
3. Mengurangi keterlambatan dengan menggunakan transfer elektronik/pembayaran yang tepat waktu dan dapat langsung dicek.
4. Mempercepat pelayanan ke pelanggan, dan pelayanan lebih responsif.
Perkembangan
teknologi telah dan sangat berpengaruh terhadap aspek ekonomi dan bisnis di
dunia dan secara khusus di Indonesia, sebagai salah satu negara yang besar
dengan jumlah penduduk yang merupakan kekayaan bangsa, ini merupakan satu
kesempatan besar bagi masyarakat untuk mengembangkan kreatifitas diri, dan
efektifitas kerja. Pengembangan website sebagai tempat untuk melakukan bisnis
dan kegiatan ekonomi. Maka sangatlah diharapkan untuk masyarakat yang memiliki
keahlian dalam program dan web design untuk mengembangkan website yang
berbasiskan kepada program-program pengolahan data dan pembuatan laporan, serta
analisa ekonomi, sebagai hasil karya anak bangsa, sehingga website dan program
tersebut dapat digunakan untuk efektifitas kerja dan juga meningkatkan
kreatifitas masyarakat untuk lebih lagi mengembangkan diri. Pengembangan
E-Commerce yang dapat dipercaya dan dapat dipertanggung jawabankan akan
mencirikan kreatifitas dan nama Indonesia. Pengembangan industri kreatif di
bidang bisnis melalui jaringan internet yang mengundang banyak orang untuk
bergabung dengan memberikan akses kepada anggotanya untuk menggabungkan ide,
dan membuat suatu kreatifitas bersama dan setia orang dapat mengembangkan ide
dan pengetahuannya untuk menghasilkan satu karya.
Sumber :
0 komentar:
Posting Komentar